www.sevenmediatech.co.id





Blog 27 Agustus 2018 / Mimin SMT

4 Finansial Tips Untuk Anggaran Pribadi

Akhir bulan berarti gajian semakin dekat kan ya? Kemarin kita sudah belajar untuk membuat Budgeting atau Personal Finance agar supaya gaji yang didapat tidak hilang entah kemana dan kita bisa melacak alurnya. Nah, kini kami punya 5 hal yang harus diperhatikan dalam memahami uangmu sendiri, only if you want to live a comfortable and prosperous life.

Belajar Mengontrol Diri

Kita harus dapat mengontrol kenikmatan sesaat agar dapat mengatur keuanganmu dengan mudah. Ini sama saja dengan mengontrol nafsu berfoya-foya. Berbelanja online merupakan suatu kenikmatan sendiri, bukan? Kalian dapat dengan mudah memencet tombol beli dan mentransfer uangnya lewat mobile banking. Tapi, cobalah untuk menunggu saat kalian sudah mengumpulkan uang untuk barang yang diinginkan, atau menunggu adanya potongan harga di hari-hari besar nasional. Pikirkan kembali, apakah kalian benar-benar ingin menghabiskan sejumlah uang hanya untuk sepasang sepatu atau untuk biaya makan selama beberapa hari?

Atau jika kalian memiliki segudang wishlist, coba atur berdasarkan urgensinya, atau manakah yang lebih dibutuhkan dan mana yang hanya sekedar untuk menaikan gengsi.

Mulai Mengontrol Finansial Sendiri

Ini jelas sudah pernah dibahas sebelumnya ya, dimana kita belajar untuk membuat budgeting. Yang perlu diingat, meski nasehat orang lain bisa membantu, tapi kalian lah yang lebih mengerti tentang kebutuhanmu serta uangmu. Maka usahakan mulai mempelajari keuanganmu sendiri sedini mungkin, pelajari juga tentang personal finance melalui internet dan buku. Dan, disaat kalian sudah handal dalam personal finance ini, please keep in track. Jangan biarkan orang lain membuatmu lalai dengan mengajakmu menghabiskan uang di setiap akhir pekan.

Ketahui Alur Uang

Salah satu keuntungan dalam budgeting adalah kalian dapat melacak kemana alur pemasukkan dan pengeluaran setiap bulan. Sehingga, kalian dapat dengan mudah mencari tahu kemana perginya uang yang kalian miliki. Dengan cara ini kalian dapat mengelola pengeluaran apa saja yang dibutuhkan setiap bulan serta memilah pengeluaran mana yang sebenarnya menghabiskan uangmu setiap bulan dan mencari pilihan alternatif lain yang lebih sesuai. Yang terpenting adalah, usahakan kalian tidak besar pasak dibandingkan tiang, ya!

Simpan Sebagian Uang Untuk Biaya Darurat

Ketahui lah, salah satu mantra yang paling sering diulang dalam personal finance adalah “gaji dirimu terlebih dahulu”. Tidak peduli seberapa banyak gajimu, atau seberapa banyak kebutuhanmu, sisihkan sejumlah uang setiap bulannya untuk dirimu sendiri atau lebih tepatnya sebagai budget untuk keadaan darurat.

Kenapa? Karena memiliki biaya darurat sangat membantu kalian keluar dari masalah darurat secara finansial. Terlebih lagi, jika kalian sudah terbiasa dengan menyisihkan uang untuk biaya darurat, tanpa kalian sadari, kalian akan memiliki lebih dari sekedar biaya darurat. Kalian bisa saja memiliki uang untuk masa pensiun, liburan atau bahkan untuk DP rumah!

Bagikan ke sosial media :