www.sevenmediatech.co.id





Blog 12 Januari 2022 / Admin SMT

5 Fakta yang Wajib Diketahui Tentang E-Attendance

 

Absen secara online atau yang dikenal dengan E-Attendance mulai diperkenalkan sejak berkembangnya koneksi internet yang mudah dicapai oleh orang-orang terkemuka. Saat internet menjadi barang yang mudah diakses dengan harga yang terjangkau pula, penggunaan E-Attendance sebagai sistem presensi digital menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan oleh bidang pendidikan, terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini, saat kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan jarak jauh.

 

Ada beberapa fakta dari sistem E-Attendance yang bisa didapatkan dari segi produktifitas dibandingkan dengan penggunaan absensi dengan sistem lainnya.

 

 

 

 

Berikut adalah 5 fakta wajib diketahui tentang E-Attendance yang dapat meningkatkan produktifitas:

 

1. Fleksibilitas

Ada berbagai faktor keragaman yang menyebabkan tidak semua bisa cocok menggunakan metode absen konvensional bahkan finger print.

 

Hal ini berbeda jika sekolah menggunakan metode E-Attendance, yang mana pekerja bisa melakukan absensi dari mana saja melalui smartphone atau desktop.

 

Metode e absen lebih bisa memfasilitasi kebutuhan akan kerja yang fleksibel saat ini. Apalagi semenjak pandemi, seluruh sekolahan yang memberlakukan sistem  pembelajaran dari rumah. Metode absensi secara manual sebelumnya akan cukup sulit untuk mengakomodasi sistem kerja yang ada saat ini.

 

2. Lebih Hemat

E-Attendance tidak membutuhkan perangkat secara fisik sehingga tidak membutuhkan pemasangan sistem yang mengharuskan instalasi dilakukan oleh perusahaan.

 

Biaya untuk perangkat fisik maupun instalasi sudah termasuk dalam paket sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran dari perusahaan. Dengan menggunakan E-Attendance maka perusahaan cukup hanya mendaftar, mengunduh aplikasi, dapat menggunakannya melalui smartphone untuk penggunaan sehari-hari.

 

Bagi guru maupun siswa dan orang tua, saat melakukan kegiatan pemeblajran secara online atau jarak jauh seperti sekarang ini, E-Attendance akan sangat memudahkan guru dan siswa mengoperasikan serta orang tua dapat memantau anaknya semisal tidak masuk sekolah.

 

3. Data yang masuk lebih akurat

Perhitungan presensi melalui sistem E-Attendance dinilai lebih akurat apalagi langsung tersinkron otomatis sehingga penghitungannya terjamin tepat.

 

Hal ini memudahkan data terintegrasi dengan data lainnya yang dikelola oleh guru. Termasuk hal tersebut mempengaruhi penilaian terhadap sikap, kedisiplinan dan keaktifan siswa selama satu periode pembelajaran.

 

4. Real Time

E-Attendance terhubung dengan internet sehingga memudahkan pemantauan data bisa dilakukan secara realtime.Keunggulan ini akan memudahkan guru untuk bisa memproses data kehadiran siswa dengan lebih cepat dan mudah.

 

Apalagi, data digital dari E-Attendance langsung tersimpan dan diperbarui otomatis di sistem sehingga terjamin keamanannya.

 

5. Mudah Dipantau

Untuk orang tua dari user dapat memantau masing maisng anaknya, jika anak tidak masuk sekolah atau tatap muka online maka orang tua dapat mengetahui dengan memperoleh notifikasi melalui whatsapp, termasuk pemberitahuan tentang hari libur, jadwal upacara, ujian dan lain lain.

 

Berminat menerapkan sistem absensi online dengan sistem E-Attendance?

 

Konsultasikan sekarang, dengan menghubungi kami sebagai software house berpengalaman dibidang teknologi sejak 2013. Berpengalaman dalam membuat dan mengembangkan sistem IT. Hubungi melalui kontak whatsapp berikut:  Klik Di sini

Dan jangan lupa  cek portofolio kami di sini.

Bagikan ke sosial media :