www.sevenmediatech.co.id





Blog 24 November 2014 / Mimin SMT

7 Tips Bagaimana Mengelola Toko Online

1. Memiliki Produk

Untuk membangun sebuah toko online tentunya anda harus memiliki produk yang dijual,untuk usaha yang masih baru sebaiknya anda memilih produk secara spesifik misalnya macam-macam baju atau kue dan lain-lain. Ini dimaksudkan agar manajemen toko online lebih mudah dan tema dari toko online tersebut lebih mengena. Nah jika anda telah mapan dengan toko online yang sudah ada, anda bisa memperluas produk anda.

2. Metode Pembayaran

Toko online identik dengan penyampaiannya yang mudah, cepat serta instan. Dalam suatu proses jual beli tentunya ada suatu kegiatan pembayaran. Nah ini terserah bagaimana anda menentukan metode pembayaran. Sebuah toko online bisa saja menampilkan produk-produk dalam bentuk gambar dan proses membeli pelanggan tetap datang ke toko yang sebenarnya. Untuk Hal demikian memang agak menyusahkan pelanggan terutama bagi mereka yang jauh dari toko kita. Hanya saja untuk usaha yang baru ini lebih mendapat kepercayaan dari pelanggan karena memang sekarang banyak sekali penipuan online dengan kedok yang semacam ini. Nah bagi anda yang memang sudah siap untuk mengotomatisasi sistem dan pembayara,n anda bisa menggunakan metode transfer uang melalui rekening. ini akan memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Tentunya anda harus siap memberi kepercayaan penuh terhadap apa yang anda tawarkan kepada pelanggan karena reputasi anda akan dipertaruhkan.

3. Bekerja Sama dengan Jasa Pengiriman Barang

Kiat seorang pebisnis adalah membuat suatu kegiatan lebih mudah dan banyak relasi. Anda bisa bekerjasama dengan suatu jasa pengiriman barang untuk mempermudah proses transaksi dan pengiriman barang. Dengan catatan kita selalu bisa memasarkan barang secara online maka mungkin sekali kita bisa mendapatkan harga pengiriman barang yang lebih murah (kita adalah pelanggan jasa tersebut).

4. Rancanglah Interface yang User Friendly

Interface adalah tampilan dari website anda, layaknya sebuah toko fokuslah bagaimana anda membuat toko online anda nyaman dan indah untuk dilihat, Karena saat kita memiliki toko online ibarat kita memiliki sebuah supermarket. Pelanggan akan sibuk memilih produk-produk yang mereka sukai, memasukan ke dalam keranjang digital dan akhirnya ke kasir untuk mulai bertransaksi dalam hal ini mengisi biodata lengkap dan metode pembayaran. Aturlah tampilan dan manajemen produk serta menu toko online anda. Gunakan sudut pandang anda sebagai pelanggan untuk menentukan bagaimana tampilan dan navigasi dari toko online yang anda miliki benar benar sesuai, mudah dan nyaman. Jangan fokus pada ego anda untuk menentukan tampilan toko online karena anda bukan pelanggan yang akan menjadi raja pada toko online anda

5. Update Informasi

Nah tahap ini adalah tahap kita mengelola toko online. Selalu update informasi dan data produk terbaru anda untuk mendapatkan trafik pelanggan secara online dan SEO. Sebuah usaha tidak akan ada matinya apabila tiap waktu muncul kreativitas untuk mengupdate produk terbaru dan fresh. Begitu juga dengan toko online, update informasi akan menarik keingintahuan dan rasa penasaran dari pelanggan. Jadi aktiflah untuk jadi wirausaha yang kreatif. Manfaatkan slideshow dalam web anda untuk mempercantik tampilan produk fresh anda.

6. Promosi di Sosial Media

Promosi promosi dan promosi, ini adalah hal yang penting setelah kita membangun sebuah usaha. manfaatkan sosial media untuk mengenalkan toko online dan produk anda. Di sana banyak sekali arus informasi dan jaringan orang darimana saja. Dengan informasi yang berkualitas dan produk yang fresh, masa ya nggak mungkin ada yang melirik. Gunakan cara-cara kreatif untuk beriklan, tempel saja di sosial media. Trafik Toko online anda pasti bakalan ramai dah pokoknya. Seorang wirausaha tidak boleh malu-malu berpromosi ya..

7. Menggali data Pelanggan

Layaknya usaha kita sudah ramai dan terkadang kita masih belum sempat untuk menambah produk ?? Nah ini adalah hal yang sangat erat hubungannya dengan promosi. Gunakan beberapa trik untuk menarik pelanggan lama dengan menggali data mereka. Ini bisa disebut data mining. Salah satu keuntungan toko online, kita bisa membuat salinan data pelanggan dan memanajemen dengan mudah tentunya dengan sistem perhitungan komputer. Manfaatkan data pelanggan untuk mendapatkan data produk-produk paling banyak dibeli oleh pelanggan di toko online. Artinya produk ini adalah Most Wanted di Toko Online kita. Gunakan tips 6 : Promosi untuk menarik pelanggan lagi dan tentunya tambahkan diskon untuk lebih menarik. Keuntungan cara ini adalah 1. Update Informasi terbaru yang akan membuat toko online anda tetap ramai 2. memanfaatkan sedikit keuntungan dengan banyak kuantitasnya.


Itu adalah 7 tips bagi wirausaha cerdas untuk mengelola toko online. Anda juga bisa membuat sebuah sistem untuk langkah nomer 7 dengan membuat sebuah sistem informasi data mining. Anda mungkin bisa melihat lebih dalam seperti apa toko online dan spesifikasinya melalui website ini. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita bersama :D

Bagikan ke sosial media :