Aplikasi E-Government di beberapa kota di Indonesia - Jasa Pembuatan Website, Aplikasi, Digital Marketing, Semarang

BLOG


E-government merupakan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di sektor pemerintahan. Penerapannya di Indonesia sudah dimulai sejak dirilisnya amanat Inpres No.3 tahun 2003 tentang penyelenggaran tata kelola pemerintahan secara elektronis di Indonesia. 

Pada kesempatan kali ini kami mencoba menyebutkan beberapa contoh aplikasi E-government yang ada di beberapa kota di Indonesia.

 

Qlue

Aplikasi Qlue merupakan aplikasi yang tidak asing lagi bagi warga Jakarta, aplikasi ini terhubung langsung dengan Jakarta Smart City (JSC) yang berperan menyampaikan aduan itu kepada Pemprov. Masyarakat bisa melaporkan kejadian yang ada di sekitarnya. Terintegrasi dengan JSC, dan pemerintah bisa menjawab bahkan mengatasi permasalahan yang dilaporkan. Dengan begitu, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah, dan pemerintah pun dapat mengetahui hal-hal yang menjadi keresahan warganya.

 

Digital Govern­ment Service (DGS) kesehatan

Dinas Komunikasi dan Informasi (Dis­kominfo) Bantul, Yogyakarta, meluncurkan Digital Govern­ment Service (DGS) kesehatan. DGS merupa­kan aplikasi untuk mempermudah layanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, seperti tak perlu lagi meng­antre dan menunggu lama di puskesmas untuk mendapat rujukan ke rumah sakit. Selain bermanfaat bagi masyarakat, DGS kesehatan ini juga berguna bagi dinas kesehatan untuk memantau kinerja puskesmas-puskesmas yang ada.

 

E-Wadul

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, wadul adalah bahasa Jawa yang berarti mengadu. “Tapi di sini wadul jadi singkatan, wadah usulan dan keluhan.” Aplikasi E-Wadul ini berbasis Android maupun IOS dimana E-Wadul dapat diakses dengan cara mendowload aplikasi E-Wadul melalui Google Play maupun APP Store. Keunggulan dari aplikasi ini adalah: cukup dengan melalui Gadget Smart Phone masyarakat dapat mendownload aplikasi E-Wadul dan dapat langsung mengelukan permasalahan yang terjadi dimanapun mereka berada terkait dengan keluhan di Pemerintahan Kota Surabaya. Penerapan layanan E-Wadul merupakan alternatif yang layak dikembangkan dengan tujuan untuk lebih cepat merespon segala keluhan-keluhan masyarakat.

 

Tangerang Live

Aplikasi Tangerang Live, merupakan aplikasi yang dapat diakses di android dan berguna untuk memudahkan masyarakat dslam mencari informasi maupun mencari kerja di Kota Tangerang. Tangerang Live ini merupakan gabungan aplikasi yang sudah ada yang dijadikan satu sehingga lebih mudah dan efektif. Adapun layanan yang ada didalamnya seperti Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Pencaker (Pencari Kerja), daftar harga bahan pokok di pasar dan juga kumpulan berita tentang Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang juga bekerja sama dengan Polres dan Kodim Kota Tangerang untuk berkoordinasi untuk meneruskan laporan-laporan dari masyarakat yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban yang masuk ke aplikasi Tangerang Live.

 

Lapor Hendi

Lapor Hendi menjadi sarana penghubung bagi warga Kota Semarang untuk menyampaikan aduan, keluhan atau kritik terkait Kota Semarang kepada wali kotanya, Hendrar Prihadi (Hendi). Sistem Lapor Hendi ini berbentuk pengaduan masyarakat yang berbasis media sosial dan SMS. Beberapa di antaranya adalah melalui SMS dengan ketik format “laporhendi (spasi) *aduan*” kirim ke 1708, kemudian cuitan di Twitter dengan tagar #LaporHendi dan mention di akunInstagram, @hendrarprihadi.

 

E-Remunerasi Kinerja (ERK)

Aplikasi E-Remunerasi Kinerja (ERK) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merupakan merupakan instrumen dalam menghitung kinerja pegawai yang selanjutnya ditujukan agar remunerasi yang diberikan bagi setiap pegawai sesuai dengan kinerja yang diberikan bagi pemerintah daerah, dengan kata lain penghargaan yang diberikan berupa tambahan penghasilan bagi pegawai negeri sipil yang bersangkutan diberikan secara proporsional.

Baru-baru ini Ombudsman (lembaga negara di Indonesia yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan) melakukan perjanjian kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Pemkot Bandung dalam waktu dekat untuk menduplikasi aplikasi ERK.

KANTOR KAMI

Kantor Pusat
  • Jalan Stonen Timur No. 7A, Rt 7, Rw IX, Bendan Ngisor, Gajah Mungkur, Semarang.
  • 0857-4774-7725 & 0857-4032-2375
  • info@sevenmediatech.com
Kantor Pekalongan
  • Ruko Fotocopy Rumah Kertas (Depan Kampus Stikes 2), Puri Utara 1C No. 12, Perum Puri Kedungwuni.
  • 0857-4250-9672

MEDIA SOSIAL

NEWSLETTER