www.sevenmediatech.co.id





Blog 23 Agustus 2018 / Mimin SMT

“Backup” WhatsApp ke Google Drive-mu Sekarang!

 

Tahu kah kalian bahwa WhatsApp telah mengumumkan mereka telah memutuskan untuk bekerja sama dengan raksasa mesin pencari Google? Yep, pekan lalu, WhatsApp telah mengumumkannya ke publik. Hasil dari kerja sama itu adalah pengguna bisa menyalin (backup) semua data di WhatsApp ke Google Drive.

Semua tentu tau dong, kalau Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB untuk setiap penggunanya. Nah, dengan adanya kebijakan yang mulai berlaku pada 12 November 2018 ini, semua data dapat disimpan di Google Drive tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan tersebut. Sayangnya, kebijakan ini khusus berlaku bagi pengguna Android saja. 

Meski begitu, pengguna WhatsApp harus segera mencadangkan (backup) datanya mulai dari sekarang hingga 30 Oktober mendatang. Pasalnya, semua backup yang tidak diperbaharui selama setahun di Google Drive akan dihapus per 12 November nanti. Oleh karena itu, segera lah memperbarui backup datamu di Google Drive. Sayangnya, backup data yang sekarang ini masih memakan kapasitas di Google Drive karena kebijakan yang belum berjalan. Jadi, pastikan memori di Google Drive mu cukup untuk menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting.

Bahkan Google sendiri mulai menyebar email pemberitahuan ke pengguna Drive untuk segera melakukan backup data WhatsApp mulai sekarang.

 

source : tekno.kompas.com

Caranya? Cukup buka aplikasi WhatsApp, pilih “Settings”, “Chats”, “Chat Backup” lalu pilih “Backup to Google Drive”.  Untuk dapat menyimpan ke Google Drive, kalian harus memiliki akun Google yang teraktivasi di smartphone masing-masing yaa. Oh, dan perlu dicatat bahwa data WhatsApp yang disimpan ke Google Drive ini tidak akan terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end seperti yang digunakan dalam mengamankan komunikasi melalui platform WhatsApp.

Jadi, segeralah backup datamu ke Google Drive sebelum semua hilang ya!

Bagikan ke sosial media :