E-Learning Sistem Belajar Masa depan

E-Learning : Sistem Media Pembelajaran Masa Depan

Sejarah E-Learning

E-Learning sebenarnya populer sejak tahun 1960, ketika ditemukannya program Computer Based Training. Program ini akhirnya digunakan untuk belajar University of Illinois yang hampir digunakan di seluruh sekolah didaerah sekitar universitas tersebut.

Pada tahun 1970, Universitas di Inggris ingin menggunakan E-Learning karena mereka berfokus pada pembelajaran jarak jauh. Saat itu, materi yang disampaikan dalam bentuk surat yang dikirim melalui pos.

Kemudian tahun 1990, saat CBT masih popular, mulai muncul aplikasi E-Learning berbentuk CD_ROM dengan materi berbentuk tulisan maupun audio visual. Tahun 1994, aplikasi E-Learning muncul dalam bentuk lebih bervariatif yang diproduksi secara massal yang berkembang hingga tahun 2000 an saat komputer dan internet sehingga desain E-Learning juga semakin menarik.

Pengertian E-Learning

E-Learning adalah proses pembelajaran yang dilakukan dengan pertemuan antara pengajar dan peserta. E-Learning dapat terjadi karena interaksi antar dua pihak tersebut secara online melalui digital dengan adanya koneksi internet. Interaksi yang dilakukan dalam e-learning adalah tak jauh berbeda dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Mengenal E-Learning sebagai Metode Pembelajaran

E-learning adalah singkatan dari elektronik learning yang berasal dari bahasa Inggris dengan arti pembelajaran berbasis elekronik. Elektronik yang dimaksudkan dalam e-learning adalah memanfaatkan teknoligi informasi dan komunikasi untuk memudahkan metode pembelajaran.

Melakukan e-learning adalah harus memenuhi beberapa persyaratan. Sebagai berikut syarat dari terpenuhnya metode pembelajaranE-Learning:

a. Paling utama harus memiliki device pembelajaran seperti smartphone, tablet, pc maupun laptop

b. Metode pembelajaran yang harus melalui pemanfaatan jaringan internet.

c. Tersedia layanan belajar seperti External Harddisk, Flaskdisk, CD-ROM, atau bahan cetak.

c. Harus tersedia dukungan layanan tutor yang ahli untuk mempermudah pembelajaran e-learning.

E-Learning disini terjadi karena proses pembelajaran dimana para pengajar memberikan penjelasan melalui presentasi, lalu para peserta dapat melontarkan pertanyaan, jawaban, diskusi dan lain sebagainya. E-learning adalah metode pembelajaran yang juga memungkinkan peserta belajar di manapun dan kapanpun.

Kemudahan dan layanan yang terfasilitasi dari penggunaan E-Learning dapat memberikan manfaat yang besar baik untuk guru sebagai tenaga pengajar maupun siswa sebagai peserta pembelajaran.

Berminat membuat sistem pembelajaran berbasis digital (E-Learning)?

Konsultasikan sekarang, dengan menghubungi kami sebagai software house berpengalaman dibidang teknologi sejak 2013. Melalui kontak whatsapp berikut:  Klik Di sini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *