www.sevenmediatech.co.id





Blog 02 Agustus 2018 / Mimin SMT

Google Assistant, Asisten Virtual Pribadimu

Her (2013)

Sudah jadi rahasia umum bahwa masyarakat dunia sudah sangat dekat dengan gawai pribadinya, terlebih smartphone. Mulai dari urusan pribadi hingga urusan kantor semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu gawai. Terlebih bagi anak-anak muda yang memiliki aktivitas banyak dan harus bergerak cepat. Kamu bisa memasang alarm, mencatat sesuatu, membuat to-do-list dan masih banyak lagi.

Tapi rasanya masih ribet ya jika harus membuka aplikasi dan mencari-cari aplikasi di perangkat. Apalagi dalam keadaaan terburu-buru, meski sudah tau letak shortcut nya tapi tetap saja terlewatkan, benar? Hahaha. Oke. Mari bayangkan kamu punya asisten pribadi yang mau memasangkan alarm di smartphone mu agar kamu tidak kesiangan, atau mencatatkan jadwal meeting dengan klien. Bagaimana dengan mencarikan kontak di buku teleponmu sekaligus menghubungkannya untukmu? Atau bahkan membantumu untuk mencari tahu tentang suatu info tentang lalu lintas, cuaca dan berita terkini? Rasanya hidup menjadi terasa mudah, ya?

 

BACA JUGA : Jasa pembuatan aplikasi keuangan

 

Tenang, bagi kalian pengguna smartphone, tenang. Kalian juga bisa punya asisten pribadi tanpa harus mempekerjakan orang. Jadi kalian pun bisa kayak bos-bos besar yang punya asisten dan sekretaris pribadi gitu, *whisper* tapi gausah keluar duit. Hehehe. Lalu, bagaimana caranya?

Caranya dengan mengaktivasi Google Assistant. Tapi cek dulu versi Google app mu ya, soalnya Google Assistant ini cuma tersedia bagi pengguna versi 6.13 ke atas. Jadi kalo versimu masih di bawah itu, update lah terlebih dahulu ke versi terbaru. Setelah di update, tekan home button hingga keluar jendela seperti ini

source : androidcentral

Setelah itu tinggal di next terus sampai selesai. Dan oh ya, karena Google Assistant ini juga bisa aktif hanya dengan kamu mengatakan “Hey Google” atau “Ok Google”, kamu mungkin akan diminta untuk menginput suaramu dengan mengatakan Ok Google dan Hey Google agar Google Assistant dapat mengenali suaramu.

Setelah itu? Selamat, kamu sudah punya asisten pribadi! Yaah, meski virtual sih hehe. Tapi tidak apa-apa, Google Assistant ini juga bisa melakukan kegiatan rutin seperti menyalakan musik setiap pagi, memberitahumu tentang cuaca hari ini, mengingatkanmu tentang kegiatan atau jadwal hari ini. Ada rutinitas yang sudah dibuat oleh Google tapi kamu juga bisa mengaturnya sendiri.

 

Baca Juga : 7 Langkah untuk dompet yang lebih baik

 

Eh fitur terbaru Google Assistant juga bisa mengganti suara si asisten virtual ini lho! Disediakan 8 suara berbeda, baik laki-laki maupun perempuan. Nah, kalian yang jomblo, bisa lho nih, biar berasa diingetin pacar gitu hahaha. Tapi jangan sampai kaya Joaquin Phoenix di film Her ya, pathetic banget :(

Google Assistant ini selain mengurusi urusan asisten mengasisten juga bisa diajak bercanda lho! Atau kamu mau main game? Bisaa. Cukup dengan mengatakan “tell me a jokes” atau “play games”, Google Assistant ini akan menceritakan sebuah gurauan atau menyediakan permainan. Jadi bisa buat hiburan di ujung hari yang melelahkan.

Tunggu apa lagi? Aktivasi Google Assistant mu dan selamat bermain-main dengan asisten virtual barumu!

Bagikan ke sosial media :