Hal-Hal yang Perlu diperhatikan dalam Memilih Sistem Informasi Sekolah

Hal-Hal yang Perlu diperhatikan dalam Memilih Sistem Informasi Sekolah

Terdapat puluhan jenis software sistem informasi yang tersedia di pasaran. Ketika memutuskan untuk membeli atau untuk membuat sebuah sistem informasi untuk sekolah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan :

Keamanan

Karena sharing data merupakan aspek utama dari sistem informasi, keamanan tentu saja menjadi perhatian utama. Perlu diberikan beberapa tingkatan keamanan untuk berbagai kelompok. Sebagai contoh, pimpinan sekolah, guru dan karyawan tata usaha masing-masing mempunyai kewenangan berdasarkan kepentingan masing-masing. Siswa dan orangtua dibatasi kewenangannya untuk mengakses informasi yang diperlukan.

Interoperability

Antara satu sistem informasi dengan yang lainnya sebaiknya memiliki basis data yang sama. Atau terdapat fitur impor dan ekspor data dari satu jenis data ke jenis data yang lainnya. Ini diperlukan agar sekolah tidak perlu mengentri data kembali ketika berganti sistem informasi.

Pelayanan

Kebanyakan pembuat software sistem informasi memberikan pelayanan. Perlu diperhatikan kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh pembuat software. Apakah layanan yang diberikan dapat dilakukan melalui email, atau telepon misalnya. Hal ini penting karena masalah teknis akan dijumpai ketika memasukan data, serta dibutuhkan pula untuk melakukan update dan upgrade software.

Pengambilan Informasi

Beberapa pertimbangan penting adalah bagaimana informasi dapat diakses, bagaimana cara melihatnya, siapa yang dapat mengaksesnya, serta apakah dapat dilakukan akses dari beberapa user yang berbeda dalam waktu bersamaan (multi-user)

Biaya

Terdapat beberapa tipe pembayaran : lisensi per user, lisensi per institusi, lisensi tahunan atau pembelian langsung. Masing-masing memiliki keuntungan dan kerugiannya. Sekolah perlu memahami masing-masing tipe pembiayaan dan Batasan masing-masing tipe.

Demikian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sistem informasi di sekolah

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *