www.sevenmediatech.co.id





Blog 05 Juli 2018 / Mimin SMT

Ini Alasan Kenapa Harus Mulai Menggunakan Digital Banking

Jaman sekarang, segala sesuatu pun menjadi digital. Ya, era digital sudah mulai merebak. Bahkan komunikasi pun tidak melulu soal bertemu secara langsung. Berkirim surat pun sudah lama ditinggalkan. Hanya dengan menggunakan satu gawai, semua permasalahan agaknya sudah dapat diatasi. Mulai dari mencari berita, melakukan jual beli, pembayaran atau bahkan ingin mengadakan fund raising?

Nah, aktifitas e-commerce dan segala pendigitalisasian ini lah yang kemudian memunculkan sebuah industri baru bernama financial technology. Dimana industri ini terfokus pada urusan finansial dengan memanfaatkan era digital. Di Indonesia sendiri, perusahaan start up berbasis finansial ini didominasi dari aspek pembayaran seperti GoPay (e-money milik Gojek), OVO, TrueMoney, Dompetku Indosat Ooredoo, TCASH, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya sudah pasti sangat familiar di telinga kalian. Jika ada kesempatan mari kita bahas financial technology di lain waktu.

Kemudian, muncul pula lah sebuah istilah baru bernama digital banking. Ini apa lagi? Sederhana. Digital Banking ini pada dasarnya sebuah layanan bank yang dapat diakses melalui gawai personal. Segala transaksi pembayaran antar bank, pembelian tiket hingga pengecekkan saldo dapat dilakukan melalui gawai. Sesederhana itu.

Bank-bank besar di Indonesia pun sudah mulai menyediakan layanan Digital Banking yang biasa disebut dengan Internet Banking atau Mobile Banking/SMS Banking. Sebut saja BCA, BRI, Bank Mandiri, dan masih banyak lagi bank yang mulai menyediakan layanan ini. Lalu, kenapa kita harus mulai menggunakan Digital Banking?

Meningkatkan mobilitas

Dengan menggunakan Digital Banking, segala transaksi ribet yang mengharuskan untuk datang ke Bank dapat dilakukan melalui gawai anda. Anda pun tidak perlu lagi harus meminta ijin pada bos anda hanya untuk melakukan pengiriman uang. Belum lagi antrian mengular yang mengharuskan anda berada di bank lebih lama. Transfer tetap bisa dilakukan dan deadline masih bisa dikejar. Tak perlu lagi memotong waktu yang lama hanya untuk mengirimkan uang.

Memperbesar Kesempatan

Sering berburu barang di acara flash sale platform belanja kesayangan anda? Atau sudah lama mengidam-idamkan sebuah barang tapi barang tersebut ternyata stok terakhir atau stok terbatas? Dengan Digital Banking, kesempatan itu bisa diraih. Anda tak perlu lagi terburu-buru ke mesin ATM terdekat atau harus merelakan barang impian anda karena antrian yang panjang di Bank. Bayangkan jika anda menggunakan Digital Banking, setelah melakukan pemesanan, anda bisa langsung melakukan pembayaran hanya dengan berpindah aplikasi di gawai anda. Ini semua tentang kecepatan bukan?

Mudah dan Praktis

Digital Banking ini pada dasarnya diciptakan untuk memberikan pelayanan yang menyenangkan. Sehingga kemudahan dan kepraktisan menjadi syarat utamanya. Hanya dengan mengunduh aplikasi Digital Banking yang sesuai, anda sudah dapat melakukan segala transaksi perbankan. Dan karena Digital Banking ini dirancang untuk segala usia, maka transaksinya dibuat mudah, semudah melakukan telepon.

Pilihan Ramah Lingkungan

 Dengan memutuskan untuk menggunakan Digital Banking, sebenarnya secara tidak langsung kita juga sudah ikut membantu melestarikan alam, lho. Bagaimana tidak, transaksi yang dilakukan di gawai anda sudah pasti tidak perlu menggunakan berbagai macam kertas. Tidak hanya kertas form, tapi bayangkan pula berbagai macam dokumen yang juga harus dibuat di dalam kantor. Jadi selain praktis, anda juga bisa ikut membantu dalam upaya pelestarian lingkungan.

Bagikan ke sosial media :