www.sevenmediatech.co.id





Blog 24 Juni 2020 / Mimin SMT

Ini Penyebab Loading Website Anda Lama

Apakah Anda sedang bingung karena website Anda lambat? Anda tidak sendirian. Beberapa pemilik website mengeluhkan kendala yang sama dan berusaha mencari penyebab website lambat diakses. 

Lalu apasaja penyebab loading website yang lama?

Penggunaan Konten Flash yang Berlebihan

Penggunaan konten flash yang berlebihan ternyata memiliki beberapa dampak negatif. Yang utama adalah ukuran dari file flash cenderung besar sehingga akan memakan resource server Anda. Tidak hanya itu, proses download file ketika akan ditampilkan di browser juga lama.

Penggunaan Gambar tanpa Optimasi

Yang tidak disadari adalah sebagian besar gambar tersebut ternyata belum dioptimasi. IFile gambar yang besar akan memakan banyak bandwidth dan membebani server. Ketika pengunjung mengakses konten berisi berbagai gambar berukuran besar, proses loading akan menjadi lama. 

Performa Server Kurang Optimal

Server berfungsi menyimpan semua data dari website sekaligus melayani permintaan data dari pengunjung website tersebut. Jika server yang digunakan tidak optimal, website akan menjadi lambat, tergantung jenis server yang digunakan, dan lokasi server.

Adanya Render Blocking JavaScript

JavaScript berguna untuk memberikan fungsi interaktif. Website menjadi menarik dengan hadirnya konten yang dinamis. Tetapi, cara kerja JavaScript berpotensi menimbulkan render block yang menjadi penyebab website loading lebih lama.

Terlalu Banyak Plugin

Plugin adalah software yang memberikan fungsi tambahan agar website bekerja lebih baik. Namun, terlalu banyak plugin yang terpasang justru akan membuat loading web menjadi lebih lama.

Menggunakan Tema yang “Berat”

Beberapa tema dengan atribut visual dan animasi yang menarik cenderung “berat”. Alasannya, semakin banyak elemen tambahan seperti extra toolbar, slider, dan lainnya. Semua itu membutuhkan lebih banyak kode pemrograman yang pada akhirnya membuat loading website semakin lama.

Terlalu Banyak Iklan

Iklan bisa menjadi sumber penghasilan dari sebuah website. Namun, membanjiri website Anda dengan terlalu banyak iklan merupakan penyebab website lambat diakses. Tidak hanya itu, memasang iklan pada website akan mempengaruhi jumlah HTTP request (permintaan data ke server).

Bagikan ke sosial media :