www.sevenmediatech.co.id





Blog 01 Agustus 2018 / Mimin SMT

James Gosling

Kalian pasti familiar dengan bahasa pemrograman Java bukan? Yep, salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek yang bisa digunakanuntuk membangun berbagai aplikasi. Tapi tau kah kalian, siapa tokoh dibalik Bahasa Pemrograman Java?

Pernah dengar James Arthur Gosling? Belum? Baiklah. James Arthur Gosling atau yang lebih dikenal dengan James Gosling merupakan seorang pria berkebangsaaan Kanada yang terlahir pada 19 Mei 1955. Beliau merupakan seorang ilmuwan komputer dengan gelar Ph.D dalam Ilmu Komputer dari Universitas  Carnegie Mellon pada 1983. Sebelumnya belliau telah terlebih dahulu menerima gelar Bachelor of Science dalam Ilmu Komputer dari Universitas Calgary di tahun 1977. Sambil meraih gelar doktornya itu, beliau sempat menulis sebuah versi dari Emacs yang disebut Gosling Emacs (GOSMACS). Dan sebelum bergabung di Sun Microsystems, beliau pun sempat membangun sebuah multi-prosesor versi UNIX diCarnegie Mellon University, serta beberapa compiler dan sistem emaill.

 

BACA JUGA : Jasa Pembuatan Website Profesional

 

Meskipun penulisannya dimulai sejak tahun 1990 oleh James Gosling, Patrick Naughton dan Mike Sheridan yang berusaha mencari tahu “gelombang selanjutnya dalam ilmu komputasi, bahasa pemrograman Java ini baru ditemukan Gosling dan teman-temannya pada tahun 1994. Beliau menciptakan desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli bahasa dan mesin virtual tersebut. Saat itu beliau masih bekerja untuk Sun, dan inspirasi datang dari sana. Beliau melihat bahwa pelaksanaan arsitektur-netral untuk program dapat didistribusikan secara luas dengan menerapkan filosofi “always program for the same virtual machine”.

Java pada awalnya diberi nama Oak dan dikembangkan sebagai bagian dari Green Project di Perusahaan Sun. Nama ini diambil dari nama pohon yang tumbuh di depan jendela ruang kerjanya. Namun, Oak kemudian tidak digunakan untuk versi releasenya karena sudah ada perangkat lunak lain yang terdaftar dengan merek dagang tersebut. Hingga kemudian bahasa tersebut diberi nama Java yang diambil dari jenis kopi kesukaan Gosling yang konon bijinya berasal dari pulau Jawa.

 

BACA JUGA : Memaksimalkan Bisnis dengan Google Bisnisku

 

Pada 2010, Gosling memustuskan meninggalkan Sun Microsystems yang baru saja diakuisisi Oracle Corporation setelah 26 tahun bekerja disana dengan alasan pengurangan gaji, status, kemampuan pengambilan keputusan, perubahan peran dan tantangan etika. Padahal bisa dibilang  beliau memiliki jabatan yang tinggi di Sun Microsystems sebagai Vice President.

Kemudian, pada tanggal 28 Maret 2011, beliau mengumumkan bahwa ia telah disewa oleh Google. Namun, 5 bulan setelahnya ia kembali membuat pengumuman bahwa beliau telah bergabung dengan start-up bernama Liquid Robotics. Belia juga terdaftar sebagai penasihat Scala di perusahaan Typeface Inc., Direktur Independen di Jelastic dan penasihat strategis untuk Eucalyptus.

Bagikan ke sosial media :