www.sevenmediatech.co.id





Blog 24 November 2017 / Mimin SMT

Jimmy Wales pendiri Wikipedia

sevenmediatech, jimmy wales, seven media technology, wikipedia

Jimmy Wales - Google Images


Jimmy Wales, pria berkebangsaan Amerika Serikat yang berlatar belakang pendidikan keuangan namun ia berhasil menciptakan Ensiklopedia online yang kini diberi nama Wikipedia.

Sewaktu kecilnya ia dididik oleh ibu dan neneknya di sebuah sekolah tradisional dengan satu ruang kelas. Karena keterbatasan siswa, pihak sekolah yang dikelola oleh ibu dan neneknya pun menggabungkan murid-murid kelas satu hingga kelas empat dan kelas lima hingga delapan.

Usai dinyatakan lulus dari kelas delapan, wales (begitu ia akrab disapa) masuk ke Radolph School. Radolph School adalah suatu sekolah yang dirancang khusus sebagai sekolah persiapan masuk ke perguruan tinggi. Radolph School juga disebut sebagai pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas komputer lainnya yang digunakan oleh para siswa.

Baca Juga : Inilah Cara Mendapatkan 5000 Facebook Pages Likes TERTARGET! Bagian 2

Dengan fasilitas yang terbilang sempurna tidak heran jika biayanya juga relatif mahal. Begitupun wales, ia mengatakan bahwa biaya bersekolah di Radolph School terlalu mahal untuk keluarganya. Namun, berapapun biayanya tetap akan dibayar oleh keluarganya karena bagi keluarganya "pendidikan adalah hal utama". Dengan pendidikan, sebuah peradaban dapat berubah.

Setelah lulus dan memperoleh gelas master keuangan dari Universitas Alabama, walespun mengawali kariernya sebagai direktur riset di Chicago Options Associates.

Di samping ia sibuk bekerja, pada tahun 1996 wales juga mendirikan situr portal pencarian yang diberi nama Bomis. Namun akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut.

Sampai pada maret 2000, ia mendirikan ensiklopedia yang dapat disunting oleh banyak orang tapi tetap diawasi oleh orang-orang terkemuka di bisangnya masing-masing, seperti Nupedia.com dan mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief.

Pada 10 Januari 2001, Larry Sanger mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan piranti lunak wiki yang kini disebut wikipedia. Jimmy wales beranggapan jika wikipedia akan menjadi sarana berbagi ilmu secara gratis yang dapat membantu orang lain.

Sumber : wikipedia

Ps : Jangan buru-buru bilang "ini bukan passion ku", apa yang dibuat oleh Jimmy Wales juga bukan passionnya namun ia tetap gigih untuk bisa meraih mimpinya.

Bagikan ke sosial media :