www.sevenmediatech.co.id





Blog 16 Juli 2018 / Mimin SMT

Menaikkan Level Bisnis Dengan Instagram Stories

Instagram menjadi media sosial yang tidak akan ada habisnya untuk dibicarakan. Semakin hari, semakin banyak fitur yang dimunculkan hingga membuatnya seperti paguyuban media sosial. Kenapa? Sebut saja fitur IGTV (baca 3 Hal Tentang IGTV yang Wajib Kamu Ketahui!) yang membiarkan pengguna membuat sebuah video dengan durasi yang lebih panjang, layaknya Youtube, lalu ada pula fitur Stories yang mirip Snapchat dan Sticker Ask Me Question yang sudah pasti mirip dengan ask.fm.

Tapi semua tentu sudah tahu bukan, apa itu Instagram Stories? Belum? Mustahil. Tapi baiklah, Instagram Stories merupakan fitur Instagram yang membiarkan anda untuk mengunggah sebuah foto atau video yang akan dihapus setelah 24 jam. Namun, adanya fitur Sorotan atau Highlight pada profil anda memungkinkan untuk membuat Stories yang anda buat bisa bertahan lebih dari 24 jam. Fitur Stories ini memang dapat dibilang baru, tapi manfaatnya sangat banyak bagi para pelaku bisnis. Terlebih dengan adanya algoritma baru feeds Instagram yang membuat rusuh segalanya.(baca juga Algoritma Instagram Bikin Kesal, Machine Learning Penyebabnya). Lalu kenapa Instagram Stories?

Sekarang ini, setelah adanya perubahan algoritma Instagram, para pengguna lebih banyak yang menghabiskan waktu untuk menonton Stories pengguna lain dibandingkan untuk melihat feeds. Sekitar 200 Juta pengguna aktif setiap harinya di Instagram Stories. Serta adanya sticker dan berbagai fitur dalam Instagram Stories tentu akan membuat lebih banyak lagi pengguna yang berinteraksi dengan kita. Engagement tinggi berarti tingkat brand awareness kita dimata masyarakat akan menjadi lebih tinggi.

Apa mungkin? Mungkin saja. Banyak sekali akun-akun di Instagram yang terkenal karena Stories yang menarik. Coba lihat highlight di profil @aulion yang sangat kreatif, bisa juga di akun @jouska_id yang terkenal dengan story telling di Stories-nya. Bahkan, banyak pula pelaku bisnis yang lebih banyak aktif di Stories dibandingkan di feeds. Karena memang lebih mudah untuk mendapatkan engagement di Stories dibandingkan dengan feeds.

Jadi, bagaimana caranya agar bisa menaikkan level bisnis kita dengan Instagram Stories? Ini tips-nya!

Sticker

Hampir setiap waktu Instagram mengeluarkan berbagai macam sticker baru untuk Storiesnya. Beberapa merupakan sticker-sticker responsif dimana penonton dapat berinteraksi dengan pembuat Stories. Lebih banyak penonton yang berinteraksi dengan kita maka akan lebih tinggi pula engagement yang terjadi, kan?

Selain sticker yang responsif seperti polling, ask me question dan slide, ada pula sticker lokasi dan hashtag yang sangat membantu dalam menambah penonton. Kenapa? Karena secara otomatis Stories kita akan masuk ke dalam ranah discovery lokasi atau hashtag yang kita gunakan. Dengan begitu unggahan kita memungkinkan untuk ditemukan oleh pengguna diluar pengikut kita.

Sticker juga bisa membantu untuk mendekorasi stories agar terlihat lebih menarik, sehingga tidak melulu foto dan tulisan, lho!

Testimonial

Manfaatkan Instagram Stories untuk menampilkan testimonial dari klien atau pelanggan anda. Kenapa tidak menggunakan post? Seperti yang sudah dibilang tadi bahwa lebih banyak pengguna yang melihat stories. Maka, pergunakanlah agar follower anda lebih percaya dengan bisnis anda.

QnA

Anda juga bisa lho mengadakan QnA atau jajak pendapat melalui Instagram Stories dengan menggunakan sticker ask me question, polling atau slide! Caranya cukup mudah, hanya dengan menyisipkan sticker tersebut pada stories anda dan sesuaikan dengan kebutuhan pertanyaan anda.

Menampilkan unggahan terbaru

Nah, dengan Instagram Stories yang lebih banyak jangkauan penontonnya, anda juga bisa memberitahu kepada follower anda untuk mengunjungi profil anda dan melihat unggahan terbaru anda.

Informasi

Meskipun lebih banyak digunakan untuk memberitahu produk apa yang anda jual, tapi sebaiknya tidak melulu tentang produk, bukan? Bagikanlah informasi yang berkaitan dengan produk yang anda jual agar follower anda tidak bosan.

Bagi pelaku bisnis dengan follower lebih dari 10.000, bisa banget nih memanfaatkan fitur swipe up, sehingga follower bisa langsung diarahkan  ke link yang disisipkan.

Behind The Scene atau Sneak Peak

Semua orang senang diperlakukan dengan istimewa. Rekam keseruan dibalik pembuatan konten atau produk yang dibuat sehingga follower anda merasa dia sangat istimewa karena diijinkan untuk melihat keseruan behind the scene anda. Atau buatlah sebuah stories sneak peak produk terbaru yang akan diluncurkan. Rasa penasaran akan muncul sehingga mereka akan terus memantau profil akun anda.

Jadi, sudah siapkah anda untuk menaikkan level bisnis anda dengan Instagram Stories? Jangan lupa buatlah konten yang menarik sehingga membuat follower anda selalu menunggu Stories anda!

Bagikan ke sosial media :