www.sevenmediatech.co.id





Blog 14 November 2022 / Admin SMT

Mengenal UMKM, Si Usaha Mikro Kecil dan Menengah Serta Cara Meningkatkan Omzetnya

 

Dewasa ini, perkembangan teknologi digital berdampak pada segala aspek hidup manusia modern. Kemudahan, kepraktisan dan kelancara yang ditawarkan teknologi membuat masyarakat memanfaatkan dan menggunakan media digital. UMKM pun tidak ingin tertinggal dengan perkembangan yang menjanjikan ini. UMKM juga memiliki kesempatan untuk growup, berkembang dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

 

Pada kesempatan kali ini, akan diulas apa itu UMKM dan bagaimana cara meningkatkan omzetnya dengan peran teknologi digital

 

Pengertian UMKM

UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pengertian UMKM sendiri

adalah kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, badan usaha kecil atau rumah tangga.

 

Jenis UMKM

Dalam pembagiannya, UMKM terbagi menjadi 3 golongan, sebagai berikut:

  1. Usaha Mikro: memiliki modal usaha paling banyak Rp1 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan) dengan hasil penjualan tahunan paling banyak Rp2 miliar. Dengan karyawan paling sedikit 1-5 tenaga kerja.

  2. Usaha Kecil: memiliki modal usaha paling banyak Rp1 miliar hingga Rp5 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan) dengan penghasilan tahunan paling banyak Rp2 miliar hingga Rp15 miliar. Dengan karyawan 6-19 orang tenaga kerja.

  3. Usaha Menengah: memiliki modal usaha paling banyak Rp5 miliar sampai Rp10 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan) dengan hasil penjualan lebih dari Rp15 miliar dan paling banyak Rp50 miliar. Dengan karyawan.

 

Peran UMKM untuk Indonesia

Perlu diketahui UMKM menjadi salah satu nadi ekonomi di Indonesia, lantas UMKM memiliki peran sebagai berikut:

  1. Penopang ekonomi

UMKM menjadi tonggak penting bagi kemajuan ekonomi tidak hanya diwilayah kota besar namun juga sebuah desa

  1. Lapangan pekerjaan

UMKM berperan membantu pemerintahan mengurangi angka penggangguran, karena tingginya serapa tenaga kerja untuk melakukan produksi padat karya.

  1. Perputaran uang

UMKM menjadi penggerak perputaran uang, dimana masyarakat dapat menaruh modal kepada UMKM sebagai tabungan atau investasi, sehingga uang masyarakat tidak mengendap namun dapat diputar sebagai modal usaha.

 

Lalu, apakah bisnis berskala kecil dapat berkembang dan menjadi besar??

Tentu saja bisa, berikut adalah sebuah cerita yang dapat diambil pesannya suksesnya. “Cara tingkatkan omzet usaha kecil, pendapatan besar”.

 

Ini cerita tentang pengalaman saya Satyo (29 tahun) seorang freelancer jasa fotografi dan videografi, bermula dari hobi memotret, menawarkan diri untuk sekedar membantu dan membuat saya mulai dikenal beberapa orang sebagai freelancer fotografi.

Sesekali saya ikut join bersama Wedding Organizer mengabadikan momen dari prewedding, lamaran hingga acara pesta pernikahan. Namun hal itulah yang menjadi masalahnya

Saya belum memiliki nama sendiri, hanya sebatas dikenal sebagai tukang foto biasa. Padahal saya mengharapkan untuk dapat lebih dikenal sebagai fotografer/videographer profesional

 

Branding…

Yah itulah yang terbesit dipikiran saya, memutuskan membuat company profile untuk jasa fotografi yang saya jalankan, agar lebih dikenal berdiri sendiri. Seperti yang diketahui tujuan dari branding company profile adalah sebagai media pengenal, identitas, media informasi dan portofolio. Sehingga dengan adanya company profile membuat jasa fotorgrafi yang saya punya menampilkan citra profesional.

 

Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di  blog  dan  instagram  untuk menambah referensi Anda. lihat  portofolio  kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.

 

Berencana membuat website dan aplikasi android?

Konsultasikan dengan  hubungi kami disini.

Bagikan ke sosial media :