www.sevenmediatech.co.id





Blog 06 September 2018 / Mimin SMT

Meraup Untung Bisnis Waralaba dengan Sistem POS

Bisnis waralaba atau franchise sedang booming akhir-akhir ini. Disamping karena mudah dan tidak perlu modal banyak, tingkat keberhasilannya pun relatif tinggi karena biasanya orang-orang sudah mengerti tentang merek yang dijual. Nah, sama halnya dengan bisnis non waralaba, bisnis waralaba ini pun butuh sistem operasional yang bisa bekerja dengan baik dan tertata, seperti halnya yang tersedia dalam sistem POS (Point of Sale).

Sistem POS ini memiliki beberapa fitur utama, yaitu kemampuan untuk mengatur keuangan, mengelola inventaris, hingga menyediakan laporan secara real time. Fitur-fitur ini merupakan fitur yang dibutuhkan dalam berbagai model bisnis, tidak hanya model waralaba saja, tapi semua model bisnis. Kelebihan dari sistem POS ini, pemilik bisnis atau franchisor dapat mengontrol dan melakukan monitoring untuk setiap gerai yang dimiliki hanya dengan satu sistem. Penasaran dengan sistem POS ini? Yuk baca apa saja sih keuntungan dari sistem POS ini :

Realtime dan Aman

Karena menggunakan penyimpanan data berbasis Cloud, tentu semua data terkait akan langsung dicadangkan. Dengan begitu, pemilik waralaba akan terhidar dari resiko kehilangan data masal karena adanya penyadangan data di Cloud. Jadi tentu akan aman tentram ya!

Selain itu dengan adanya sistem POS yang terhubung secara online, akan memudahkan anda untuk mengecek  hasil penjualan maupun keuangan bisnis secara realtime. Dimana saja dan kapan saja.

Satu sistem untuk semua

Bisnis waralaba biasanya menggunakan model bisnis replikasi, nah sistem POS ini akan memudahkan hal tersebut. Tanpa harus menggunakan server khusus dengan perangkat mahal, pemilik waralaba dapat langsung menduplikasi berbagai macam hal penting untuk pengelola waralaba di bawahnya. Hal-hal penting itu dapat berupa produk yang dijual, daftar barang inventaris, harga jual produkk, sehingga biaya produksi. Semua ini dapat diduplikasi karena mode penyimpanan sistem POS sudah berbasis penyimpanan Cloud. Sehingga satu merek, meskipun banyak orang yang mengelola, masih dapat diakses melalui satu pintu secara bersama-sama.

Franchise Performance Monitoring

Pemilik bisnis waralaba harus bisa jeli dalam melihat laporan bisnis dari setiap pengelola waralaba, karena seperti yang kita tahu bahwa laporan bisnis merupakan faktor esensial untuk memantau performa setiap pengelola. Selain itu, laporan keuangan juga sangat dibutuhkan dalam penghitungan HPP bulanan. Tapi sayangnya, tidak semua pengelola cabang benar-benar rajin dalam membuat laporan secara teliti. Dan mungkin saja jika laporan hanya tersedia sebulan sekali. Lalu bagaimana?

Nah, di sistem POS ini punya fitur report, sehingga dapat dikelola langsung oleh sistem secara aktual, efektif dan tentu lebih efisien. Laporan yang didapat pun biasanya bersifat realtime dan lengkap. Sehingga para pengelola cabang tidak perlu repot dalam menghimpun serta menyusun data. Dengan begitu, evaluasi performa tiap pengelola cabang dapat dilakukan dengan lebih efektif dan masalah yang ada dapat terdeteksi lebih dini.

 

Memudahkan Pengelola Franchise

Biasanya nih, pengelola waralaba merupakan mereka yang baru mencoba dunia bisnis, nah, untuk meminimalisir kegagalan, para pengelola ini tentu memerlukan sebuah sistem yang mempermudah kinerja mereka. Dan yang paling efektif itu ya sistem POS ini. Kenapa? Karena di dalam sistem POS ini pengelolaan inventaris, manajemen loyalitas pelanggan, pengaturan shift kerja para staff, hingga laporan penjualan yang up-to-date akan langsung diatur oleh sistem.

Sistem POS yang modern juga cenderung memiliki tampilan yang sederhana sehingga dapat memudahkan para staff tanpa melalui pelatihan khusus yang memakan waktu. Dengan begitu, biaya pembukaan franchise pun akan tereduksi sehingga dapat menarik minat calon pengelola yang lain. Ditembah, pengelolaan sistem SOP ini hanya membutuhkan biaya internet yang sedikit mereduksi biaya calon pengelola.

 

Sistem Informasi yang disediakan oleh Seven Media Technology juga mampu membantu kalian untuk membuat sistem POS yang terpadu. Sehingga pemilik waralaba dapat memiliki kemudahan dalam memanajemen sistem pembayaran penjualan dan pengelolaan keuangan yang terkomputerisasi dan tentu saja dengan basis Internet on Things.

Bagikan ke sosial media :