www.sevenmediatech.co.id





Blog 06 April 2014 / Mimin SMT

Pengertian, fungsi serta penggunaan Meta Robot

Pengertian Meta Robot
Meta Robot secara singkat adalah suatu kode untuk memerintahkan robot mesin pencari baik itu robot mesin pencari google, robot yahoo maupun robot bing serta robot-robot mesin pencari lainnya. Perintah meta robot terpaksa dibuat jika seorang webmaster pengelola situs tidak punya kewenangan dalam mengontrol robot txt. Untuk itulah demi kepentingan seo maka pembuatan meta robot juga perlu diterapkan pada suatu halaman web.
Fungsi Meta Robot
Dari pengertian yang barusan disebutkan diatas maka fungsi dari Meta Robot tersebut secara umum adalah memberi perintah kepada robot.
Lalu Perintah-perintah seperti apa yang dapat diberikan ?
Berikut paparannya dibawah ini :
1. Meta Robot noindex
Fungsinya : Memerintahkan robot untuk tidak menelusuri suatu halaman web dan pastinya halaman web tersebut pun tidak akan diindeks atau dimasukkan ke dalam daftar hasil pencarian di mesin pencari.
Penerapannya :
   
2. Meta Robot index
Fungsinya : Memerintahkan robot untuk menelusuri suatu halaman web dan pastinya halaman web tersebut pun akan diindeks atau dimasukkan ke dalam daftar hasil pencarian di mesin pencari.
Penerapannya :
   
3. Meta Robot index, follow
Fungsinya : Memerintahkan robot untuk menelusuri suatu halaman index web/halaman depan atau homepage dan pastinya halaman web tersebut pun akan diindeks atau dimasukkan ke dalam daftar hasil pencarian di mesin pencari seperti google search.
Penerapannya :
   
4. Meta Robot all
Fungsinya : Memerintahkan robot untuk menelusuri seluruh halaman-halaman dari suatu web dan akan diindeks atau dimasukkan ke dalam daftar hasil pencarian di mesin pencari.
Penerapannya :
   
5. Meta Robot follow
Fungsinya : Membolehkan robot untuk menelusuri seluruh link halaman-halaman dari suatu web dan akan diindeks atau dimasukkan ke dalam daftar hasil pencarian di mesin pencari.
Penerapannya :
   
6. Meta Robot noindex, nofollow
Fungsinya : Memerintahkan robot untuk tidak menelusuri seluruh halaman-halaman maupun link-link yang terkait dari suatu web dan tidak akan diindeks atau dimasukkan ke dalam daftar hasil pencarian di mesin pencari.
Penerapannya :
   
   

Implementasi penempatan setiap kode meta robot diatas diletakkan tepat dibawah kode dan sebelum kode

mudah kan ??

semoga bermanfaat untuk Anda

Bagikan ke sosial media :