Peran Teknologi dalam Bidang Pendidikan - Jasa Pembuatan Website, Aplikasi, Digital Marketing, Semarang

BLOG


Tidak dapat lagi dipungkiri bahwa segala urusan di jaman sekarang melibatkan teknologi dalam segala aspeknya. Ini tentu saja akibat dari pesatnya kemajuan teknologi. Dari anak-anak hingga orang tua, seorang ahli atau seorang awam sekalipun, teknologi telah menjadi bagian hidup masyarakat kini.

Tidak melulu dalam bidang-bidang besar, teknologi pun telah berpengaruh pada kelangsungan pendidikan. Dalam prakteknya, teknologi jelas memiliki peran tersendiri yang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih mudah. Ini karena adanya t untutan global terus mendesak dunia pendidikan untuk menyesuaikan perkembangan terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Sehingga dalam beberapa tahun, budaya proses belajar mengajar pun mulai berganti.

Proses pembelajaran tak melulu harus bertatap muka dalam ruang kelas seperti sekolah konvensional dan dapat dilakukan dengan modus belajar jarak jauh. Sekolah dapat memanfaatkan berbagai macam media komunikasi, baik berbasis suara maupun berbasis video. Tentu dengan memanfaatkan internet sebagai penghubung. Sehingga dosen atau guru tetap dapat memberikan materi pembelajaran terhadap siswanya.

Selain itu, karena sudah terhubung dengan Internet, dosen atau guru dapat mengawasi nilai  siswanya, melihat jadwal mengajar, mengirimkan berkas tugas dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan siswa. Selain dapat melihat nilai dan jadwal kuliah, mereka juga mampu memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran online. Mereka dapat dengan mudah menemukan banyak literatur yang mendukung proses belajar. Pun mereka dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan sesama siswa lainnya untuk membahas suatu hal dengan menggunakan media sosial yang ada.

Bagi guru dan karyawan, suatu sekolah yang sudah terintegrasi oleh sistem tentu akan mempermudah dalam melakukan berbagai proses administrasi. Tak usah lagi repot-repot berpindah ruangan dengan setumpuk kertas. Guru dan karyawan bisa dengan mudah mengunggah segala dokumen administratif, sehingga dapat dicek kapan pun dan dimana pun.

Ya, dengan adanya berbagai macam gawai canggih dan Internet, kini pendidikan tidak lagi melulu berada di lingkup sekolah. Proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja. Guru dan siswa pun dapat mencari materi belajar dimanapun dan berbagi bahan pembelajaran dengan lembaga pendidikan lain seperti perpustakaan.

Dengan begitu, teknologi dapat menjadi media penghubung untuk meningkatkan taraf pendidikan. Tidak hanya dalam hubungan antara guru dan siswa saja, tapi juga dapat membuat guru maupun siswa memiliki akses terhadap dunia luar, sehingga mampu mencari bahan belajar yang lebih banyak. Selain itu, sekolah juga dapat mewujudkan sekolah yang lebih tersistem secara teknologi dan informasi agar memudahkan akses bagi guru dan sekolah, maupun siswa dan sekolah.

 

KANTOR KAMI

Kantor Pusat
  • Jalan Stonen Timur No. 7A, Rt 7, Rw IX, Bendan Ngisor, Gajah Mungkur, Semarang.
  • 0857-4774-7725 & 0857-4032-2375
  • info@sevenmediatech.com
Kantor Pekalongan
  • Ruko Fotocopy Rumah Kertas (Depan Kampus Stikes 2), Puri Utara 1C No. 12, Perum Puri Kedungwuni.
  • 0857-4250-9672

MEDIA SOSIAL

NEWSLETTER