Sukses dengan Facebook Ads! TANPA MODAL!

Sukses dengan Facebook Ads! TANPA MODAL!

Berdasarkan pengalaman pribadi saya selama ini, saya menyimpulkan ada 4 kunci yang benar – benar harus Anda kuasai ketika ingin beriklan dengan Facebook Ads.

Tanpa memahami makna 4 kunci ini, maka saya cukup yakin bahwa anda hanya akan membuang lebih banyak uang untuk beriklan tanpa hasil yang memuaskan

Lalu apa saja 4 kunci sukses beriklan di facebook..???

Pahami Karakter Target Audience Anda
Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Saya akan bahas satu persatu agar anda mendapatkan penjelasan yang lebih detail.

1. Pahami Karakter Target Audience Anda

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

  • Demography: usia, jenis kelamin
  • Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
  • Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
  • Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
  • Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.

Apa yang dimaksud dengan karakter target audience Anda?

Saya langsung berikan contoh ya agar lebih jelas, hehe…

jas-pengantin-priaMisalkan: saya ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop saya ada di Jakarta dan Bandung.

Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:

  • Usia: 25 – 35 thn
  • Gender: laki – laki
  • Lokasi: Jakarta dan Bandung
  • Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
  • Connection: teman – teman nya dari Fans Page Anda
  • Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja

Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Biasanya yang saya lakukan adalah saya browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul di benak saya ketika saya sedang melakukan riset target audience adalah:

  • Target audience kita itu biasanya tertariknya dengan hal apa saja ya?
  • Secara usia dan jenis kelamin, mereka itu seperti apa?
  • Website apa saja yang sering mereka kunjungi ketika tertarik dengan produk saya?
  • Topik diskusi apa yang masih berhubungan erat dengan produk yang saya jual?
  • Kebiasaan mereka sehari-harinya ngapain saja ya di online?
  • Apa saja profesi / pekerjaan mereka?
  • Barang apalagi yang mereka butuhkan sebagai pelengkap produk saya?

Dari pertanyaan – pertanyaan diatas, Anda akan mendapatkan gambaran lebih luas tentang target audience Anda sehingga ketika memasang iklan, Anda dapat membidik jangkauan yang cukup spesifik. Hal ini penting untuk menghemat biaya beriklan Anda.

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ada tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset terhadap target audience Anda? Kalau bisa gratis & handal hehehe…

Kabar baik untuk Anda adalah jawabannya ADA!! 

Ada tool gratis dan handal yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi tentang target audience ini yang akan jelaskan berikut ini.

Jadi ketika ingin mengetahui karakter audience yang ingin saya bidik, biasanya saya mengamati website kompetitor yang menjual produk yang identik dengan produk yang saya jual.

Misalkan Anda ingin menjual barang-barang kebutuhan bayi, seperti susu, botol susu, alat perlengkapan bayi, mainan edukasi bayi dan seterusnya maka Anda perlu cari tahu website lain yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis tersebut di online, seperti www.Bilna.com

Dengan mengetahui seperti apa orang – orang yang mengunjungi website Bilna.com, maka Anda akan mendapat gambaran lebih jelas tentang karakter target audience yang identik dengan yang akan Anda bidik.

Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan tool yang bernama Google Display Planner (GDP). Tool ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada kita tentang karakter orang-orang yang mengunjungi sebuah website tertentu.

Walaupun hasil yang ditampilkan tidak bisa dijadikan pedoman 100% tapi dari sini Anda sudah dapat gambaran yang lebih spesifik dan bisa Anda jadikan salah satu acuan untuk membidik target audience anda.

Untuk lebih jelasnya, saya berikan langkah – langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka akun Google Adwords Anda di http://Adwords.Google.com

Bagi Anda yang belum memiliki akun adwords, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu seperti biasa (gratis).

  1. Klik menu “Tools” dan pilih “Display Planner”
  2. Masukkan nama website kompetitor anda di kolom “Your customer are interested in”
  3. Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia” karena cukup banyak orang Indonesia yang menggunakan settingan Bahasa Inggris di akun google nya
  4. Lalu akan muncul tampilan seperti di gambar berikut ini

Memang data diatas tidak 100% dapat dijadikan pedoman utama karena kalau Anda perhatikan masih ada data – data yang statusnya “unknown” yaitu ada sejumlah data yang belum didapatkan oleh google, karena data yang diberikan oleh google ini adalah data yang didapat ketika seseorang browsing dengan kondisi akun googlenya aktif (login ke gmail).

Setelah mengetahui cara pakai google display planner, mungkin beberapa dari Anda bertanya:

Pak… GDP itu kan dipakai ketika saya sudah tahu nama website kompetitor nya kita apa, nah… bagaimana saya tahu apa saja website kompetitor di indonesia misalkan?

Cara yang paling mudah adalah Anda ketikkan saja kata kunci yang berhubungan dengan produk yang akan anda jual di google.co.id dan lihat apa saja nama website yang muncul di halaman pertama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *