www.sevenmediatech.co.id





Blog 05 September 2018 / Mimin SMT

Tips Untuk Mengatasi Laptop dengan Kinerja yang Lamban!

Kalian pasti sudah tau dong, secanggih apapun sebuah teknologi, kalau semakin lama digunakan hingga bertahun-tahun pasti akan berdampak pada kinerjanya yang semakin menurun. Tidak hanya handphone, laptop pun demikian. Semakin tua umurnya semakin turun pula kinerjanya.
Padahal laptop seperti halnya dengan smartphone adalah perangkat yang dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari. Baik untuk bekerja maupun mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Sehingga penurunan kinerja laptop yang semakin lamban tentunya akan mengganggu performa bekerja kita, ya?
 
Berikut kami punya beberapa hal yang membuat kinerja laptop menurun, dilansir dari liputan6.com (5/9).

1. Hardware kotor serta kurang perawatan

Masalah pada laptop tidak melulu disebabkan oleh software, tapi bisa juga disebabkan oleh hardware yang kotor serta kurang perawatan. Terlebih jika selama penggunaan kalian tidak pernah sekalipun melakukan perawatan sama sekali. 
Tahukah kalian, bahwa bagian ventilasi akan lebih cepat kotor dan tertutup debu jika digunakan padatempat yang tidak rata dan berdebu. Nah, untuk mencegahnya kalian bisa menggunakan alas yang kaku dan rata jika terpaksa harus mengerjakan di tempat yang tidak rata. Atau kalian bisa juga menggunakan cooling pad. Selain itu, lakukan pembersihan ventilasi setidaknya sebulan sekali pada bagian ventilasi dan ganti lah thermal paste secara berkala. 

2. File sampah menumpuk

Ini adalah hal yang paling sering terlupakan dan terabaikan. Saat sedang bersih-bersih file yang tidak terpakai kita dengan mudah memencet tombol hapus. Usai itu, kita lupa jika file-file yang kita hapus sebenarnya masih ada dan pindah ke recycle bin. Pantas, harddisk kita masih penuh, ya?
Selain itu file-file sampah atau junk juga temporary files saat kita mengakses internet jugadapat memberikan beban lebih pada kinerja laptop, lho. Jadi, ada baiknya kita bersih-bersih recycle bin, junk dan temporary files secara berkala. 

3. Harddisk terfragmentasi

Sebenarnya masih banyak pengguna yang belum memahami tentang fragmentasi dan defragmentasi. Sederhananya, harddisk yang terfragmentasi adalah harddisk yang memiliki file dengan posisi yang terpencar, sehingga dapat membuat laptop berjalan lamban.
Untuk masalah ini kalian bisa melakukan defragmentasi sekali dalam seminggu atau sekali dalam dua minggu. 

4. Banyak startup program dan layanan berjalan

Jadi, siapa yang laptopnya penuh dengan aplikasi? Terlalu banyak aplikasi pun dapat membuat kinerja laptop menjadi berkurang. Wah, terlebih kalian yang harus bekerja dengan aplikasi-aplikasi yang cukup berat. Sabar lah hehehe
Terlebih jika laptopmu terpasang startup programs, laptopmu jelas menjadi akan semakin lamban bahkan sejak pertama dinyalakan. 
Untuk itu, usahakanlah mulai memilih mana program yang tidak perlu dan menghapusnya. Yuk! 

5. Infeksi virus dan malware

Bagaimana? Sudah tidak lemot? wait.. Masih? Sepertinya ada kemungkinan perangkatmu sudah terinfeksi virus dan malware. Untuk penanganan awal, coba lakukan scanning dengan menggunakan antivirus seperti Avast dan AVG, lalu hapus virus dan malware yang ditemukan.
 
Tapi jika kelima hal diatas dirasa masih kurang, hanya ada jalan terakhir, install ulang saja laptop kalian. Hehhee. Eh tapi jangan lupa backup data penting yang ada di dalam laptopmu, ya

Bagikan ke sosial media :